Berikut Ini Yang Bukan Asas Penyusunan Apbn Adalah

Berikut Ini Yang Bukan Asas Penyusunan APBN Adalah | 2023 News and Information

Berikut Ini Yang Bukan Asas Penyusunan APBN Adalah

Asas adalah pedoman atau prinsip yang digunakan sebagai dasar dalam penyusunan APBN atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Asas ini sangat penting untuk memastikan APBN disusun secara efektif dan efisien. Namun, tidak semua hal dapat dijadikan asas dalam penyusunan APBN. Berikut ini adalah beberapa hal yang bukan asas dalam penyusunan APBN:

1. Kebijakan Pemerintah yang Tidak Jelas

Salah satu hal yang bukan asas dalam penyusunan APBN adalah kebijakan pemerintah yang tidak jelas. Kebijakan yang tidak jelas dapat mempengaruhi pengeluaran dan pendapatan negara, namun tidak dapat dijadikan dasar dalam penyusunan APBN. Oleh karena itu, pemerintah harus membuat kebijakan yang jelas dan terukur agar dapat dijadikan dasar dalam penyusunan APBN.

2. Perkiraan Pendapatan yang Tidak Realistis

Perkiraan pendapatan yang tidak realistis juga bukan asas dalam penyusunan APBN. Penyusunan APBN harus didasarkan pada data yang akurat dan realistis. Jika perkiraan pendapatan terlalu tinggi, maka APBN dapat mengalami defisit dan jika terlalu rendah, maka program-program pemerintah dapat terganggu.

3. Kepentingan Kelompok Tertentu

Kepentingan kelompok tertentu juga bukan asas dalam penyusunan APBN. APBN harus disusun untuk kepentingan seluruh masyarakat dan negara, bukan hanya untuk kepentingan kelompok tertentu. Oleh karena itu, pemerintah harus memastikan bahwa APBN disusun secara adil dan merata untuk seluruh masyarakat.

4. Perubahan Kebijakan yang Terlalu Sering

Perubahan kebijakan yang terlalu sering juga bukan asas dalam penyusunan APBN. Perubahan kebijakan dapat mempengaruhi pengeluaran dan pendapatan negara, namun harus dilakukan dengan hati-hati dan berdasarkan data yang akurat. Jika perubahan kebijakan terlalu sering dilakukan, maka APBN dapat menjadi tidak stabil dan sulit untuk diatur.

5. Tidak Mengutamakan Pembangunan Infrastruktur

Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam pembangunan negara. Namun, tidak mengutamakan pembangunan infrastruktur juga bukan asas dalam penyusunan APBN. APBN harus disusun dengan mengutamakan pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat dan negara, namun juga harus seimbang dengan pengembangan sektor lainnya.

6. Tidak Berorientasi pada Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Peningkatan kesejahteraan masyarakat harus menjadi fokus utama dalam penyusunan APBN. Namun, tidak berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat juga bukan asas dalam penyusunan APBN. Pemerintah harus memastikan bahwa APBN disusun dengan memperhatikan kepentingan dan kesejahteraan seluruh masyarakat.