Nasional

Mendagri Segera Nonaktifkan Bupati Batanghari

B099 | Aktual.co : Jumat, 30 Agustus 2013 14:35 WIB
Facebook Twitter Google
 Mendagri Segera Nonaktifkan Bupati Batanghari

Terkait status tersangka yang kini d sandang oleh Bupati Batanghari, Abdul Fattah, Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi menegaskan pemberhentian akan segera dilaksanakan.

"Masih menunggu surat register dari pengadilan, karena aturan UU seperti itu," ujar Gamawan, ketika di Kantornya, di Jakarta, Jumat (30/8).

Gamawan menyebutkan surat tersebut sangat diperlukan, karena akan menjadi rujukan bagi Mendagri untuk mengeluarkan Surat Keputusan Pemberhentian Sementara.

Tentang masalah kapan surat itu diterima, Gamawan menyebutkan itu urusannya pengadilan. Akan tetapi biasanya bisa 1-2 bulan.

Sebagai informasi, Bupati Kabupaten Batanghari, Abdul Fattah saat ini adalah terdakwa kasus Damkar. Saat masih menjadi Tersangka, Fattah tidak ditahan dan tidak di nonaktifkan oleh Mendagri.

Berbeda dengan status Gubernur Riau, Rusli Zaenal yang saat ini masih tersangka kasus korupsi PON Riau, sudah ditahan KPK, dan saat ini statusnya non aktif.

Informasi yang didapat aktual.co, Bupati tersebut saat ini juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Kabupaten Batanghari.

pinbbm.jpg