Nasional

Khofifah-Herman Tak Lolos Jadi Cagub Jatim

B099 | tajuk.co : Senin, 15 Juli 2013 09:18 WIB
Facebook Twitter Google
 Khofifah-Herman Tak Lolos Jadi Cagub Jatim

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur akhirnya memutuskan pasangan Khofifah Indar Parawansah-Herman Suryadi Sumawiredja tidak memenuhi syarat untuk maju dalam Pemilu Gubernur Jawa Timur. Hal itu diputuskan rapat pleno KPU yang digelar Minggu (14/7) malam di kantor KPU Surabaya, jawa Timur.

”Rapat pleno berjalan cukup dinamis, mulanya kami berupaya melakukan musyawarah mufakat. Karena tidak ada kata sepakat, akhirnya kami lakukan voting,” kata Ketua KPU Jawa Timur, Andry Dewanto Ahmad,

Agenda rapat pleno yang akhirnya berujung kepada voting tertutup itu, seorang anggota KPU Jawa Timur menyatakan pasangan Khofifah-Herman memenuhi syarat dan tiga orang komisioner menyatakan tidak memenuhi syarat. Satu anggota lain menyatakan dukungan Partai Kedaulatan ke Khofifah memenuhi syarat, Partai Kedaulatan pendukung Soekarwo-Gus Ipul tidak memenuhi syarat, PPNUI pendukung Khofifah tidak memenuhi syarat, sementara PPNUI pendukung Soekarwo-Gus Ipul memenuhi syarat.

Sehingga dengan hasil tersebut, imbuh Andry, KPU memilih suara mayoritas dengan mencoret satu pasang calon, yakni Khofifah-Herman. Andry mengaku belum memikirkan langkah hukum untuk menghadapi pasangan calon yang tidak puas atas keputusan KPU Jatim ini. ”Dalam pleno ini, tidak dibahas rencana ke arah sana,” tambahnya.

Hasil rapat pleno KPU tersebut akhirnya memutuskan tiga pasang calon berhak mengikuti pemilihan gubernur. Mereka adalah pasangan Eggi sudjana-Muhammad Sihat dari jalur perseorangan, Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah yang diusung PDI-P, dan Soekarwo-Saifullah Yusuf yang diusung mayoritas partai di DPRD maupun partai non-kursi DPRD, termasuk dua partai besar yakni Demokrat dan PKS.

pinbbm.jpg